Nokia Rajai Feature Phone, BlackBerry di Smartphone

Jakarta – Riset dari IDC Asia Pasifik mencatat pengapalan ponsel ke Indonesia mencai 12 juta unit pada kuartal 3 2011. Segmen feature phone masih mendominasi pasar ponsel Tanah Air, namun smartphone atau ponsel cerdas makin bergeliat.

IDC mencatat sebanyak 89% ponsel yang dikapalkan di Indonesia berjenis feature phone yang biasanya berharga murah. Sisanya sebesar 11% adalah smartphone. Pertumbuhan pasar smartphone mencapai 5% dari periode yang sama tahun 2010.

“Meskipun vendor lokal sudah membuat, penjualan smartphone Indonesia dipimpin oleh brand internasional,” kata Fajar Hidayat, Market Analyst for Telecommunications Research at IDC Indonesia dalam keterangan yang diterima detikINET.

Untuk feature phone, IDC mencatat bahwa Nokia masih memimpin. Berturut-turut di posisi tiga besar adalah Nokia, Cross dan Nexian. Kejayaan Nokia antara lain berkat larisnya ponsel dual SIM mereka.

Untuk segmen smartphone, RIM berjaya dengan produk BlackBerry-nya. RIM dikuntit oleh Samsung dan HTC yang masing-masing bercokol di posisi kedua dan ketiga. Posisi Samsung menguat dengan kehadiran ponsel Android murahnya seperti Galaxy Y.

Kehadiran ponsel Android murah diperkirakan mendorong pertumbuhan pasar smartphone. IDC memproyeksi pasar smartphone Indonesia tumbuh 68% di 2012.

Source : Detik.com

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s