Mulai Versi 10.2, SMS di CyanogenMod Punya Fitur Enkripsi

image

MENTIONKU – CyanogenMod baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan lebih serius dalam menangani masalah keamanan dan privasi. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk enkripsi pada Short Message Service, atau yang biasa dikenal dengan pesan singkat SMS. Fitur enkripsi SMS ini sudah mulai diterapkan pada CyanogenMod 10.2 unstable.

Dalam pengadaan fitur tersebut, tim dari CyanogenMod bekerjasama dengan Open WispherSystem selaku pengembang perangkat lunak TextSecure. Dengan memanfaatkan ini, pengguna bisa lebih merasa aman ketika berkirim pesan singkat dengan pengguna lain yang juga sudah menggunakan TexSecure di perangkatnya, baik itu Android maupun iOS.

“Jika ada sebuah pesan SMS keluar yang ditujukan untuk pengguna CyanogenMod lain atau TexSecure, pesan itu akan terkirim secara terenkripsi dan dikirim melalui saluran data sebagai sebuah pesan push ke perangkat penerima,” jelas Moxie Marlinspike, CTO dan Co-Founder Whisper Systems melalui situs resminya.

“Perangkat tersebut kemudian akan mendekripsi pesan yang masuk dan mengubahnya ke sistem sebagai datangnya pesan SMS biasa (normal incoming SMS).” Jika perangkat penerima tidak mendukung TextSecure, pesan tersebut akan dikirim menggunakan metode lama, melalui saluran SMS yang tidak terenkripsi.

Sementara pada firmware CyanogenMod yang sudah ditanamkan TexSecure, aplikasi ini sudah diterapkan sebagai standalone app, termasuk protokol ke exchange serta dukungan beberapa algoritma cryptographic. Menurut tim dari CyanogenMod, kode tersebut mulai diterapkan pada versi 10.2 nigtly builds sebagai percobaan. Jika langkah ini banyak disukai, fitur tersebut juga akan diterapkan pada CyanogenMod 11.

Via Teknoup
Baca juga :

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s