Kalah dari Ajax, MU ke 16 Besar

Penyerang Manchester United, Javier “Chicharito” Hernandez (kanan), melepaskan tembakan, yang berujung gol ke gawang Ajax Amsterdam, pada pertandingan leg kedua 32 besar Liga Europa, di Old Trafford, Kamis (23/2/2012)
Manchester United menyerah 1-2 kepada Ajax Amsterdam pada leg kedua 32 besar Liga Europa, di Old Trafford, Kamis (23/2/2012). Meski begitu, mereka berhak melaju ke 16 besar karena pada leg pertama menang 2-0.

Gol MU diciptakan Javier Hernandez pada menit keenam. Setelah menguasai bola kiriman Dimitar Berbatov, Hernandez mengecoh seorang bek lawan dan menyepak bola ke sudut kiri bawah gawang tim tamu.Tim tamu membalas melalui Aras Ozbiliz pada menit ke-37. Dari luar kotak penalti, ia melepaskan tembakan akurat yang terlambat direspons De Gea.

Pada menit ke-87, Ajax berbalik unggul 2-1. Gol bermula dari eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Orbiliz. Ia mengirim bola ke jantung pertahanan lawan. Dengan kepalanya, Toby Alderweireld mengirim bola masuk ke gawang tuan rumah.

Permainan berlangsung cukup terbuka sejak awal. Namun, koordinasi permainan MU lebih solid sehingga bisa beberapa kali mengalirkan serangan sampai tuntas.

Pada menit kedua, misalnya, MU melancarkan serangan yang berujung tembakan dari Nani, yang bisa dikandaskan Kenneth Vermeer.

Pada menit ke-15, MU kembali melancarkan serangan yang hampir berujung gol. Hernandez berhasil menembus kotak penalti dan mendapatkan peluang menembakkan bola. Namun, ia memilih mengirim bola kepada Berbatov yang ada di seberangnya. Umpan itu dipotong oleh Jan Vertonghen.

Ajax belum menciptakan ancaman berarti ketika Rafael melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti, yang melesat tepat ke arah Vermeer, pada menit ke-19.

Semenit setelahnya, Ajax membalas melalui Miralem Sulejmani. Namun, tembakannya terblok. Kurang dari dua menit kemudian, giliran Aras Ozbiliz yang mengancam gawang tuan rumah. Namun, usahanya kandas di tangan David De Gea.

MU merespons dengan memperbaiki koordinasi permainan lini belakang dan segera saja menguasai keadaan. Di tengah dominasi lawan, Ajax mampu menyamakan kedudukan melalui Ozbiliz.

MU mencoba merebut keunggulan melalui Chicharito pada menit ke-38 dan Tom Cleverley pada menit ke-42. Namun, kedua usaha itu kandas di tangan Vermeer.

Ajax mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Setelah sejumlah usaha kandas di tengah jalan, Ajax menciptakan peluang melalui Diem De Jong pada menit ke-58, yang bisa diatasi De Gea.

Ajax belum menciptakan ancaman baru ketika MU mencuri serangan yang berujung eksekusi dari Nani pada menit ke-73. Namun, tembakannya membentur mistar.

Setelahnya, MU terus berusaha menekan Ajax. Namun, usaha mereka banyak kandas di tengah jalan. Di tengah tekanan itu, Ajax berhasil mencetak gol kedua.

Ajax berusaha memanfaatkan waktu tersisa untuk mencetak gol ketiga. Meski tak mendapat ancaman berarti, Ajax gagal menambah gol sampai peluit berbunyi panjang.

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Manchester United menciptakan lima peluang emas dari enam kali usaha. Adapun Ajax melepaskan empat tembakan akurat dari 13 kali percobaan.

Susunan pemain

Man United: David De Gea; Rafael, Fabio, Chris Smalling, Phil Jones; Park Ji Sung, Ashley Young (Jonny Evans 61), Nani, Tom Cleverley (Paul Scholes 61); Dimitar Berbatov (Danny Welbeck  72), Javier “Chicharito” Hernandez

Ajax: Kenneth Vermeer; Vurnon Anita, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Dico Koppers (Davy Klaassen  46), Ricardo Van Rhijn; Nicolás Lodeiro (Daley Blind 80), Siem De Jong, Christian Eriksen (Thulani Serero 60); Miralem Sulejmani, Aras Ozbiliz
Wasit: Damir Skomina

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s