Dilarang Serang Iran, Israel Jengkel

Pemerintah Israel memprotes pernyataan Amerika Serikat yang melarang mereka menyerang Iran. Menurut Israel, pernyataan AS tersebut hanya menguntungkan Iran dan program nuklirnya.

Seperti diberitakan Haaretz, Selasa 21 Februari 2012, protes disampaikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait pernyataan dari Jenderal Martin Dempsey, Kepala Staf Gabungan Militer AS dalam wawancaranya dengan CNN, Minggu lalu.

Dalam wawancara tersebut, Dempsey berkata, “Saya kira bukanlah langkah bijak jika saat ini Israel melancarkan serangan militer ke Iran.” Menurutnya, serangan itu bukannya menyumbang pada perdamaian, malah akan menimbulkan ketidakstabilan.

Menurut Dempsey juga, AS telah berusaha membujuk Israel untuk tidak menyerang Iran, namun tidak didengarkan. Selain itu, Netanyahu juga menyatakan protesnya soal rencana serangan Israel ke Iran yang dibeberkan para petinggi militer AS.

Salah satunya adalah yang ditayangkan di NBC dua minggu lalu. Seorang petinggi militer AS mengatakan bahwa Israel akan serang Iran menggunakan rudal Jericho, kekuatan komando dan pesawat tempur F-151. Protes Netanyahu ini disampaikan kepada Tom Donilon, Penasehat Keamanan Nasional AS, dalam kunjungannya ke Israel minggu ini.

“Kami katakan kepada Donilon bahwa semua pernyataan itu hanya menguntungkan Iran. Negara itu akan melihat ada kontroversi antara AS dan Israel, dan mengira Amerika menolak aksi militer. Hal ini akan mengurangi tekanan kepada mereka,” kata salah seorang pejabat tinggi Israel.

Rencana serangan atas Iran oleh Israel ramai diberitakan pasca laporan IAEA tahun lalu, yang mengatakan bahwa Iran tengah membuat senjata nuklir. Rencana ini ditentang oleh AS dan sekutunya, Inggris.

Menanggapi kemungkinan serangan dari Israel, Iran sejak kemarin menggelar latihan militer dengan skenario melindungi fasilitas nuklir dari serangan udara.

Source : VivaNews

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s