Pakistan kaji hubungan dengan AS dan NATO

Pakistan kaji hubungan dengan AS dan NATO

Pakistan kaji hubungan dengan AS dan NATO

Facebook
Tweet
Pakistan akan mengkaji semua bentuk kerja sama dengan AS dan NATO setelah persekutuan itu menyerang pos militer Pakistan dan menewaskan 24 orang.

Sebuah komite yang dipimpin oleh Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani juga memutuskan untuk memotong jalur bantuan NATO ke Afghanistan yang melewati Pakistan.

Seorang juru bicara NATO mengakui bahwa serangan di perbatasan Afghanistan itu ”kemungkinan besar” dilakukan oleh pesawat tempur NATO

AS menekankan pentingnya menjaga hubungan dan mengatakan mendukung sepenuhnya rencana penyelidikan yang dilakukan NATO.

Sebelumnya Brigadir Jenderal Carsten Jacobson, dari NATO mengucapkan belasungkawa dan mengatakan akan melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Duta besar dipanggil
Gilani mengatakan serangan itu sebagai sebuah ”pelanggaran suram bagi kedaulatan Pakistan”.

Wartawan BBC di Islamabad melaporkan, insiden ini merupakan kesalahan yang sangat serius yang dilakukan NATO, yang sebenarnya bergantung pada rute melewati Pakistan sebagai jalur untuk membantu perang di Afghanistan.

Dalam sebuah rapat kabinet komite pertahanan yang dikumpulkan oleh Gilani, diputuskan bahwa pemerintah akan ”mengkaji semua program, aktifitas dan kerjasama dengan AS/NATO/ISAF, termasuk hubungan diplomatik, politik, militer dan intelejen”.

Termasuk ”menutup secepatnya jalur logistik NATO/ISAF ke Afghanistan,” demikian isi pernyataan yang dikeluarkan oleh Gilani.

Dengan keputusan ini maka dua daerah perbatasan dengan Afghanistan di Torkham dan Chaman yang selama ini digunakan sebagai jalur lalu lintas NATO, ditutup.

Komite ini juga meminta AS untuk mengosongkan pangkalan udara Shamsi dalam janga waktu 15 hari, tempat dimana AS sering meluncurkan serangan roket.
Pemerintah Pakistan juga memanggil duta besar AS.

Sabtu dini hari, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta dan Menlu Hillary Clinton mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan rasa ”duka yang mendalam atas korban yang ditimbulkan dan mendukung sepenuhnya keinginan NATO untuk menyelidiki insiden ini”.

Pasukan khusus
Serangan itu sendiri terjadi di pos pemeriksaan Salala, sekitar 2,5 km dari perbatasan Afghanistan, sekitar pukul 02:00 Sabtu dini hari waktu setempat.

Militer Pakistan mengatakan helikopter dan pesawat tempur menyerang dua pos perbatasan, menewaskan 24 orang dan 13 lainnya luka.

Pejabat Pakistan mengatakan saat itu tidak ada kegiatan militan di kawasan, dan kebanyakan tentara Pakistan dalam keadaan tidur. Mereka juga mengatakan bahwa NATO telah mengetahui keberadaan pos tersebut sehingga semestinya tidak melakukan tembakan.

Jenderal Jacobson mengatakan kombinasi pasukan Afghanistan dan NATO berada di kawasan itu ketika ”situasi taktis berkembang di lapangan,” meski tidak memberikan penjelasan detil.

Sumber militer BBC di provinsi Paktika di Afghanistan mengatakan bahwa pasukan khusus AS-Afghan memang berada di kawasan tersebut, yang dipercaya oleh mereka sebagai tempat pelatihan Taliban berada.

Mereka mengklaim misi ini diserang dari wilayah Pakistan, dan mereka mendapatkan izin dari NATO/ISAF untuk melakukan serangan balik.

Dalam sebuah pernyataan, komandan ISAF Jenderal John Allen mengatakan insiden itu ”menjadi perhatian utama dan saya berkomitmen untuk melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menginvestigasi fakta yang ada”.

“Duka saya yang mendalam bagi keluarga dari setiap korban pasukan keamanan Pakistan yang terbunuh atau terluka,” tambahnya.

Insiden ini menjadi insiden buruk terbaru antara AS-Pakistan, yang sebenarnya sempat membaik setelah Pakistan juga sempat meradang akibat operasi penggerebekan Osama Bin Laden di Pakistan dilakukan tanpa sepengetahuan otoritas Islamabad.

Source : BBC

Jangan lupa kunjungi Blog saya yang lainnya disini :
MEDIASITEKU
THESTARKU
Atau kunjungi juga Fans Page On Facebook disini :
Fans Page on FACEBOOK

Indahnya bisa berbagi bersamaπŸ˜€

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s