Kota Mekkah Macet

@AanPrawira
Metrotvnews.com,
Mekah : Kota Mekah, Arab Saudi, menjelang puncak haji mulai macet. Hampir sejumlah ruas jalan tersendat. Akibatnya, banyak jalan yang ditutup, khususnya menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) yang akan menjadi tempat berkumpul jutaan umat Muslim dunia saat puncak haji akhir pekan ini.

Dari pemantauan pada Selasa (1/1), penutupan jalan terjadi di sejumlah ruas jalan menuju Masjidil Haram yang selama ini menjadi tempat berkumpulnya jutaan umat Muslim dari belahan dunia untuk menjalankan ibadah salat, tawaf dan sai. Banyak kendaraan yang terjebak kemacetan dan sopir harus mencari jalan menjauh dari lokasi itu.

Di Armina, semua jalan yang menuju lokasi itu sudah ditutup. Belasan hingga puluhan polisi berseragam coklat berjaga di depan jalan yang juga sudah dipasang barikade.

Mobil yang diizinkan masuk hanyalah yang memiliki “Tasreh” (stiker atau izin khusus), terutama yang mengangkut keperluan jemaah, seperti truk tanki air, ambulans, truk mengangkut logistik, serta mobil mengangkut petugas.Kondisi Mekah yang macet sangat kontras dibanding situasi sebelum yang lalu ketika saat kota suci itu belum mendekati puncak haji.

Kepadatan Kota Mekah juga disebabkan sudah berkumpulnya semua jemaah calon haji dari berbagai negara yang diperkirakan mencapai dua hingga tiga juta jemaah.Jalan menuju Mina yang terletak di depan Kantor Misi Haji Indonesia yang letaknya tidak jauh dari Mina. Jalan menuju di depan terowongan Mina sudah ditutup dengan dijaga oleh belasan polisi.

Semua mobil yang mengarah ke Mina diberhentikan di depan terowongan. Sopir ditanya oleh polisi untuk keperluan apa dan seandainya tidak memiliiki “Tasreh” maka si sopir diminta untuk berputar arah. Kondisi seperti itu akan terjadi hingga puncak haji saat seluruh jemaah haji berkumpul di Armina untuk menjalankan wukuf di Padang Arafah.

Source : MetroTV

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s