Sync Phonebook dan Calendar Blackberry ke Gmail and Sync

Anda pasti tidak mau sampai kehilangan phonebook Anda. Karena mungkin semua kebutuhan nomor telepon penting Anda simpan disitu. Tetapi apabila jarang dibackup, pasti apabila terjadi sesuatu maka akan hilang data phonebook Anda.

Saya ingin memberitahukan tips agar phonebook anda tetap tersinkronisasi di google sehingga Anda tidak perlu repot membackup phonebook dan calendar BlackBerry Anda.

Aplikasi ini support untuk Blackberry OS 4.5 keatas, juga tersedia untuk platform seperti Symbian, windows phone dan lain-lain.
Cara paling mudah

– Download aplikasi google sync di http://m.google.com/sync dari browser BlackBerry Anda. 
– Setelah terinstall di BlackBerry buka aplikasi Google Sync.  

Login dengan account gmail yang memang anda gunakan untuk di sync dengan BlackBerry   Sebelumnya tekan menu pilih option.
Lalu akan terbuka layar pengaturan.   
Pilih when to sync: Automatic/manual , kalau automatic setiap ada aktivitas hapus atau penambahan maupun edit di contact di Blackberry maka akan langsung tersyncronize otomatis. 

– Berikan tanda check untuk sync contacts agar contact tersynchronize dengan google – Berikan tanda check pada calendar, agar calendar yang tersimpan di Blackberry bisa di sync ke google.

Untuk Sync calendar anda bisa sync untuk 4 minggu kedepan maupun hingga 52 minggu ke depan. Dan bisa juga menyimpan calendar yang sudah lewat 1 minggu hingga 4 minggu.. semua bisa di aturAnda juga bisa synchronize reminder yang sudah dibuat ke google. 

– Selesai pengaturan, tekan menu lalu pilih saveSetelah menekan save, akan muncul pop up window yang menanyakan “do you want to sync now?” pilih yesBiarkan beberapa saat, semua tergantung dari jumlah contact dan jadwal calendar Anda.

Apabila banyak maka akan memakan waktu yang agak lama. Makanya disarankan menggunakan koneksi internet via wifi. Tetapi proses synchronize yang lama ini hanya terjadi di awal saja, selanjutnya tidak lagiTunggu hingga selesai. Apabila sudah? Login ke gmail Anda via PC, klik contacts.

Cek dengan Blackberry anda, apakah sama? Pasti sama…  Apabila mempunyai smartphone atau tablet Android, gak perlu repot memindahkan contactnya. Pastikan anda mempunyai koneksi internet. Tinggal gunakan username gmail yang disync ke blackberry, lalu di Android tinggal pilih sync contact.  Tunggu beberapa saat, maka contact Anda pun segera tersynchhronize dengan Android Anda. Mudah kan ?

Sebaiknya install aplikasi ini bagi yang memang jarang atau tidak sempat untuk memback up phone book dan calendar BlackBerrynya. 🙂

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s