Tips Dalam Mengatasi Kinerja Blackberry

Sebagai pengguna BlackBerry tentunya Anda pasti pernah mengalami yang namanya browsing lemot (lambat), proses download terputus di tengah jalan, upgrade OS, menghapus aplikasi, menghapus theme, mengubah pesan signature email, memisahkan inbox untuk SMS/MMS dan inbox untuk email, dsb.

Masalah tersebut bisa dibilang wajar, mengingat BlackBerry merupakan gadget canggih yang baru “IN” beberapa bulan terakhir.  Tips yang akan kami berikan kali ini bisa jadi akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah pada BlackBerry.

Kadang-kadang untuk browsing internet memakan waktu yang lama, atau proses downloading aplikasi tiba-tiba terputus di tengah jalan Kemungkinan besar disebabkan kualitas sinyal sedang tidak bagus.

Bagus tidaknya sinyal bisa dilihat melalui grafik indikator sinyal di sisi kanan atas layar. Jika indikator sinyal berupa grafik batang, ubah tampilan indikator tersebut menjadi indikator angka untuk mempermudah pembacaan sinyal.
Caranya: Tekan tombol ALT diikuti dengan menekan tombol N – M – L – L secara berurutan. Jika angka indikator tidak berada di antara -40 dan -100 Dbm, berarti kekuatan sinyal kurang bagus.

BlackBerry tiba-tiba melambat performanya dan di layar jadi sering muncul tanda jam pasir BB sering hang atau seringnya muncul tanda jam/jam pasir di layar display bisa disebabkan karena memori RAM handset sudah melewati batas minimum yang diperbolehkan. Lakukan reset sebagai jalan keluarnya agar kapasitas memori RAM kembali normal.

Ada 2 cara untuk me-reset BlackBerry. Pertama:
Hard reset dengan cara mencopot baterai saat handset dalam keadaan menyala lalu pasang kembali setelah beberapa detik.

Kedua:
Soft reset, tekan ALT + CAPS (kanan) + DEL secara bersamaan.

Bagaimana cara mengecek memori BlackBerry? Apa benar memori BlackBerry pasti akan mengalami penurunan?
Kapasitas memori RAM handset akan drop dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah hal yang normal mengingat selama ini BB slalu aktif, berbagai pengoperasian fitur dan aplikasi telah dilakukan.

Untuk mengecek kapasitas memori RAM handset tekan tombol ALT + CAPS + H bersamaan. Scroll layar ke bawah dan lihat angka File Free. Usahakan angka File Free ini jangan sampai berada di bawah 5MB (atau 12MB pada beberapa handset), karena dapat menyebabkan kinerja handset terganggu atau hang.
Ada handset BlackBerry yang memori-nya drop sangat cepat, sehingga harus melakukan reset terus-menerus dalam waktu yang singkat Jika File Free atau kapasitas memori RAM drop dengan cepat, kemungkinan masalahnya ada pada OS (Operating System) handset tersebut. Kemungkinan OS yang digunakan tidak stabil atau ada kesalahan saat meng-install OS.

Lakukan upgrade atau downgrade OS yang terpasang untuk mengetahui benar tidaknya.
Kunjungi situs-situs khusus pengguna BlackBerry untuk mencari informasi mengenai OS.

Bagaimana cara upgrade OS? Bagaimana cara memilih OS yang paling sesuai untuk BlackBerry?Informasi yang cukup akurat soal rilisan OS yang terbaik untuk BB bisa didapatkan melalui forum diskusi antara pengguna BlackBerry di beberapa situs. Contohnya http://www.crackberry.com atau http://www.blackberryos.com. Usahakan memilih OS yang sesuai antara vendor (operator) yang merilis OS dengan vendor resmi handset (dapat dilihat melalui logo operator pada bodi handset)Apakah versi update OS lebih baik dari versi sebelumnya?OS rilisan terbaru belum tentu lebih baik dari versi sebelumnya.
Tidak ada yang bisa memastikannya sebelum OS tersebut di-install dan diuji ke handset secara langsung. OS rilisan yang sama belum tentu baik untuk handset dengan tipe yang sama.
Untuk menguji baik tidaknya OS yang sudah ter-install, lakukan pengamatan pada kestabilan memori, kemampuan menangkap sinyal, koneksi ke jaringan dan koneksi bluetooth. Gunakan aplikasi self-test untuk melakukan pengujian.

Caranya:
Masuk ke menu Options – Status, ketik T – E – S – T, lalu ikuti petunjuk untuk menguji performa BB.

Bagaimana mengubah pesan signature yang selalu menyertai setiap email yang dikirimkan dari BlackBerry?Untuk mengubah signature email ini, buka terlebih dahulu aplikasi Email Settings.
Pilih akun email untuk meng-edit signature. Ubah teks pada boks signature dengan teks apapun yang Anda inginkan. Atau baca artikel lengkapnya disini Inbok untuk pesan-pesan SMS/MMS menyatu dengan inbox untuk pesan email.

Bisakah memisahkan inbox untuk SMS/MMS dan inbox untuk email?
Di dalam fitur Message masuk ke Options – General Options, pada opsi SMS and Email Inboxes pilih Separate.Posting-posting dari BlackBerry Messenger dan Yahoo Messenger juga muncul di dalam inbox message.
Bagaimana caranya agar posting-posting ini tidak muncul di inbox Message? Posting dari aplikasi Instant Messaging muncul juga di dalam inbox Message adalah hal yang pasti terjadi, terutama pada BB yang masih baru saja diaktifkan.
Untuk mengubah setting ini, masuk ke Options di menu utama aplikasi, lalu hilangkan tanda centang pada opsi Show Chats In Messages Application.

Bagaimana cara menghapus aplikasi dan themes dari BB? Sekarang sudah semakin banyak aplikasi dari pihak ketiga yan tersedia untuk BlackBerry.
Aplikasi tersebut terlihat sangat menarik dan memancing untuk di-download. Selain aplikasi, pilihan themes yang berguna untuk mempercantik tampilan layar handset pun banyak tersedia. Jika merasa ada yang sudah tidak diperlukan, sebaiknya dihapus untuk menghemat memori.

Untuk menghapus aplikasi atau themes yang sudah tidak terpakai, masuk ke Options – Advanced Options – Applications. Pilih aplikasi atau themes yang ingin dihapus, lalu pilih Delete dari menu.

Semoga tips-tips kali ini berguna bagi Anda pengguna Blackberry

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s